Universitas Tanjungpura
Fakultas Kedokteran
Selamat datang di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura
SELAMAT DAN SUKSES AKREDITASI PROGRAM STUDI S-1 FARMASI MENDAPAT PREDIKAT “B” DENGAN NILAI 328 (SK BAN-PT : 251/BANT-PT/AKRED/S/IV/2015 TANGGAL 10 APRIL 2015)
SELAMAT DAN SUKSES ATAS AKREDITASI PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN & PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA MENDAPAT PREDIKAT “B” NO SK: 0959/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2016 NO SK: 0960/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2016

Keperawatan

VISI, MISI DAN TUJUAN JURUSAN PENDIDIKAN NERS

(PRODI S1 ILMU KEPERAWATAN DAN PRODI PROFESI NERS)

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Visi :

Menjadi pusat keunggulan pendidikan keilmuan keperawatan berbasis riset dan berkarakter budaya Khatulistiwa yang kompetitif secara global 2030.

Misi :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dengan kurikulum berbasis riset dan berkarakter budaya Khatulistiwa.
  2. Menyelenggarakan riset Keperawatan sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan bagian tri darma.
  3. Mengimplementasikan hasil riset pada proses pendidikan, pengabdian masyarakat, dan riset lanjutan.
  4. Mengembangkan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Kalimantan Barat dalam upaya tindakan promotif, preventif, kuratifdan rehabilitative.
  5. Menjalin kerjasama lintas sektor dalam mendukung tri darma perguruan tinggi.
 

Peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara mandiri memerlukan kerjasama yang efektif antara perawat, dokter dan tenaga kesehatan lainnya.  Oleh karena itu perlu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kompetensi  yang sesuai. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diselenggarakanlah Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura berdasarkan SK Dirjen Dikti nomor 1523/D/T/2009 yang bertujuan  mendidik dan menghasilkan tenaga keperawatan yang profesional dan mampu berkompetisi dengan perawat lulusan dalam dan luar negeri. Saat ini Program Studi Keperawatan (Prodi Keperawatan) Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura sudah melaksanakan proses pembelajaran selama lebih dari 4 tahun. Melalui Visi Prodi Keperawatan yaitu “Menjadikan Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura pusat pengembangan keilmuan keperawatan yang berwawasan pada keunggulan  bidang keperawatan komunitas dan berkompetitif 2018”, Prodi Keperawatan menetapkan strategi yang efektif dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, meningkatkan kualitas staf pengajar, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam hayati tropical di masyarakat. Adapun mahasiswa Prodi Keperawatan harus menempuh pendidikan yang terdiri atas tahap akademik (4 tahun) dan tahap profesi (1 tahun) untuk menjadi seorang perawat professional.

 

Secara garis besar profil lulusan Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura adalah sebagai berikut:

  1. Profesional Care Provider (Pemberi Asuhan Keperawatan)

  2. Community Leader (Pemimpin di Komunitas)

  3. Educator (Pendidik)

  4. Manager (Pengelola)

  5. Researcher (Peneliti Pemula)

 

Sedangkan seorang perawat lulusan Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura yang kompeten dan berkualitas dapat bekerja pada lahan pekerjaan berikut ini:

  1. Rumah Sakit Pemerintahan (Pusat atau Daerah) dan BUMN

  2. Rumah Sakit Swasta (Dalam Negeri maupun Luar Negeri)

  3. Instansi Pendidikan Keperawatan atau Kesehatan milik Pemerintah atau BUMN

  4. Instansi Pendidikan Keperawatan atau Kesehatan Swasta

  5. Dinas Kesehatan (Provinsi, Kota atau Kabupaten)

  6. Pusat Kesehatan Masyarakat/Puskesmas (Kota atau Kabupaten)

  7. Klinik-klinik Kesehatan

  8. Membuka lapangan pekerjaan dengan berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain (Dokter, Farmasi, Bidan, Ahli Gizi, dan lain-lain) untuk mendirikan Klinik-klinik Kesehatan

Komentar

comments powered by Disqus