Telepon : (0561) 765342, 583865, 732500

Berbagai Kegiatan Alumni Program Studi Profesi Apoteker UNTAN

By: Admin | Posted on: 2018-05-10

Lulusan PSPA Untan sudah memiliki himpunan ikatan alumni yang bernama Ikatan Keluarga Alumni Profesi Apoteker Universitas Tanjungpura (IKAPA UNTAN). IKAPA memiliki wadah komunikasi dan informasi berupa grup media sosial salah satunya di whatsapp sebagai wadah komunikasi maupun informasi untuk ajang silaturahim dan sharing informasi. IKAPA UNTAN merupakan organisasi yang mewadahi berbagai kegiatan alumni dalam rangka menunjang dan mengembangkan eksistensi PSPA Untan baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. IKAPA Untan dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Struktur kepengurusan IKAPA Untan dapat dilihat sebagai berikut :

 

Gambar Struktur Kepengurusan IKAPA UNTAN

Alumni turut aktif berpartisipasi dalam mendukung pengembangan akademik PSPA Untan. Adapun aktivitas sumbangan nyata para alumni dalam mendukung pengembangan akademik PSPA Untan antara lain:

  1. Sumbangan dana: sumbangan dana sejumlah Rp. 750.000,00 untuk menunjang kegiatan sebagai sponsorship seminar atau kegiatan kuliah tamu / kuliah pakar tentang penggunaan obat off-label “tantangan dan peran apoteker”.

 

 

Penyerahan Sumbangan Dana Secara Simbolis Oleh Alumni

  1. Sumbangan fasilitas: sumbangan fasilitas untuk mendukung pengembangan akadmik PSPA Untan berupa buku-buku ilmiah dan literatur yang diserahkan melalui pengelola PSPA Untan untuk menambah buku referensi guna mendukung proses pembelajaran dan pendidikan profesi.

 

  

Penyerahan Sumbangan Fasilitas Secara Simbolis Oleh Alumni Berupa Buku-Buku Ilmiah dan Literatur

  1. Keterlibatan dalam kegiatan akademik/profesi: alumni memberikan kuliah tamu dan pembekalan seperti pembekalan PKPA (Praktik Kerja Profesi Apoteker) kepada mahasiswa yang akan melaksanakan PKPA yang disampaikan oleh Jerry Widiodi Elwanta alumni angkatan II yang telah bekerja di RS Abdul Azis Singkawang dan Haisyah alumni angkatan III yang telah bekerja di Apotek Arwana Pontoanak.

 

 

    Keterlibatan Alumni dalam Kegiatan Akademik/Profesi Berupa Kuliah Tamu Pembekalan PKPA Kepada Mahasiswa PSPA Untan

  1. Pengembangan jejaring: untuk mendukung pengembangan akademik alumni melakukan pengembangan jejaring melalui sosial media dan grup komunikasi aktif dalam berbagi informasi seputar ilmu kefarmasian yang terkini, informasi pelatihan dan workshop, symposium dan seminar kefarmasian serta memberikan masukan mengenai sistem pembelajaran untuk peningkatan PSPA Untan sehingga dapat memberikan umpan balik terutama pada proses penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran serta penyusunan kurikulum. Tiap angkatan membuat grup komunikasi angkatan, grup Whatsapp alumni IKAPA UNTAN dan membentuk ikatan alumni yang diberi nama IKAPA UNTAN (Ikatan Keluarga Alumni Profesi Apoteker Universitas Tanjungpura).

Cuplikan Grup Komunikasi (Whatsapp) IKAPA UNTAN

  1.  Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik: Alumni mendukung pengembangan akedemik dengan menyediakan tempat untuk melakukan Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) / magang di apotek milik alumni.

Adapun aktivitasi partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan non-akademik PSPA Untan antara lain:

 

        1. Sumbangan dana: alumni memberikan sumbangan dana sejumlah Rp. 400.000,00 yang diserahkan kepada pengelola PSPA Untan selanjutnya diwujudkan dalam bentuk kipas angin.

   

Dokumentasi Serah Terima Sumbangan Dana

 

 

 

        1.  Sumbangan fasilitas: alumni memberikan sumbangan fasilitas berupa seperangkat alat olahraga bulu tangkis (4 set raket dan shuttlecock) untuk pengembangan non-akademik PSPA Untan khususnya olahraga.

 

Dokumentasi Serah Terima Sumbangan Fasilitas Alat Olahraga Bulu Tangkis

        1. Keterlibatan dalam kegiatan non-akademik: peran serta alumni dalam pengembangan kegiatan non-akademik seperti:
          1. Alumni terlibat dalam kegiatan sosialisasi / pemberian edukasi kepada masyarakat tentang perangi obat ilegal, mengenal dan mencegah obat ilegal serta penyalahgunaan obat yang bekerja sama dengan PD IAI Kalbar dalam rangka World Pharmasist Day yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 di halaman Dinas Kesehatan Kota Pontianak dan area Car Free Day jalan Ahmad Yani.
          2. Pemberdayaan alumni dalam kepengurusan/kepelatihan ditingkat provinsi, nasional dan internasional. Alumni ada yang terlibat berpartisipasi aktif dalam kepengurusan IYHPS (Indonesian Young Health Professionals’s Sosiety) dan ada yang terlibat dalam kepengurusan organisasi profesi Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).
          3. Alumni terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bekerja sama dengan komunitas Tim Kesehatan Hati Nurani (HN) dan LFO serta telah melakukan beberapa kali kegiatan sosial seperti :
            1. Kegiatan Pengobatan Gratis dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Nasional di Kakap, Kubu Raya, 29 November 2015
            2. Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis dalam Rangka Hari Raya Waisak di Desa Kumpai, 8 Mei 2016
            3. Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis dalam Rangka HUT RI 17 Agustus 2016 di Vihara Sasana Maitreya, Siantan, 7 Agustus 2016
            4. Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Dusun Ipuh Pansi Anjungan, 4 Desember 2016
            5. Kegiatan Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis dalam Rangka Hari Raya Waisyak di Desa Sungai Purun Kecil, 14 Mei 2017
            6. Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Segedong, 10 September 2017
            7. Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Siantan, 8 Oktober 2017
            8. Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Kubu Raya, 17 Desember 2017

 

Edukasi Kepada Masyarakat Tentang Perangi Obat Ilegal, Mengenal Dan Mencegah Obat Ilegal Serta Penyalahgunaan Obat

  

Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis dalam Rangka Hari Raya Waisak di Desa Kumpai, 8 Mei 2016

  

Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis dalam Rangka HUT RI 17 Agustus 2016 di Vihara Sasana Maitreya, Siantan, 7 Agustus 2016

   

Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Segedong, 10 September 2017

  

Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Kubu Raya, 17 Desember 2017

 

 

 

 

 

 

 

        1. Pengembangan jejaring: melalui IKAPA UNTAN dan grup media sosial memberikan informasi dan wadah komunikasi termasuk informasi lowongan kerja oleh alumni. Selain itu, untuk mempererat silaturahmi antar angkatan dalam wadah IKAPA UNTAN dan sharing informasi serta sebagai wadah komunikasi dan koordinasi.

Cuplikan Grup Komunikasi (Whatsapp) IKAPA UNTAN

        1. Penyediaan fasilitas untuk kegiatan non-akademik: penyediaan sekretariat alumni (IKAPA UNTAN) sebagai base camp alumni yang disediakan oleh salah satu alumni untuk kegiatan kajian keagamaan, diskusi dalam rangka pengembangan keilmuan dan keprofesian.

   

Sekretariat Ikatan Alumni IKAPA UNTAN