Telepon : (0561) 765342, 583865, 732500

Tingkatkan Layanan Pendidikan, UNTAN Menuju Kampus Digital

By: Admin | Posted on: 2018-01-17

PONTIANAK - Rektor Universitas Tanjungpura (UNTAN), Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA secara resmi meluncurkan sejumlah aplikasi online yang diperuntukkan kepada dosen, mahasiswa maupun tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan jaminan layanan bermutu di Kampus Khatulistiwa ini. Kegiatan Launching dan Sosialisasi Sistem Informasi dan Aplikasi Online UNTAN yang bertajuk “Pemanfaatan Sistem Informasi Dalam Rangka Mewujudkan Untan Sebagai Kampus Digital dengan Akreditasi Terbaik yang Unggul dan Berkarakter” tersebut digelar pada hari Kamis (23/04/2015) bertempat di Gedung Rektorat UNTAN Lt. III. Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran pejabat di lingkungan UNTAN, dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa. Sejumlah aplikasi online dan sistem informasi tersebut disiapkan oleh tim dari PUSKOM UNTAN, yang diketuai Drs. Cucu Suhery, M.A.

UNTAN Has Gone Google for Education” merupakan topik yang diangkat bersama peluncuran sistem informasi dan aplikasi online tersebut. Berbagai aplikasi yang disediakan Google Apps secara gratis dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan layanan pendidikan. Salah satu aplikasi yang telah berjalan lebih dari setahun misalnya, akun gmail private berlogo UNTAN sudah di gunakan oleh user civitas akademika, baik dosen, mahasiswa maupun tenaga kependidikan. Akun gmail ini menjadi aset digital penting bagi para user untuk mengakses dan mengembangkan berbagai aplikasi lain yang disediakan oleh Google. Aplikasi ini dinilai telah memberikan dampak positif terhadap atmosfer akademis. Civitas akademika UNTAN  juga dapat memanfaatkan ragam Aplikasi Google Apps yang mendukung pembelajaran dan aktivitas lainnya, seperti: Classroom, Calendar, Gform, Gslide, Gdoc, Gsheet, Gdrive, Gmail, G+, Youtube, Gsite, Gschoolar, Gcendekia, dan Gbook.

Rektor UNTAN dalam sambutannya menegaskan bahwa aplikasi online dan website publikasi harus dapat dimaksimalkan pemanfaatannya agar pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Ini merupakan salah satu upaya UNTAN untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Lebih lanjut, beliau berpendapat bahwa kita harus memberikan makna dan nilai lebih terhadap segala bentuk informasi yang bermanfaat bagi pengembangan IPTEK dan dunia pendidikan tinggi. Seluruh lapisan SDM di UNTAN harus bersama-sama mendorong upaya digitalisasi, alih media dan elektronisasi sistem agar segala macam layanan informasi dapat segera beralih dari Break ke Click. “Dengan digitalisasi, penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi akan semakin cepat, tepat dan hemat” ujar Prof. Thamrin. Mengakhiri sambutannya, Rektor mengajak seluruh civitas akademika UNTAN untuk dapat mendukung dan memanfaatkan sistem informasi dan aplikasi online yang diluncurkan pada kegiatan ini. “UNTAN maju karena kerjasama keluarga besar kampus ini”. Jaya UNTAN, Jaya Pendidikan Indonesia! (rdo)