Telepon : (0561) 765342, 583865, 732500

UNTAN Raih Peringkat 6 Nasional PIMNAS ke-33

By: Admin | Posted on: 2020-11-30

Universitas Tanjungpura (Untan) berhasil menorehkan prestasi gemilang setelah meraih peringkat 6 nasional Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Sabtu (29/11/2020).

Dalam kompetisi kali ini, UNTAN membukukan 2 medali setara emas, 1 medali setara perunggu dan 1 juara favorit.

PIMNAS-33 Tahun 2020 diadakan dengan format luring dan daring pada tanggal 24-29 November 2020 dan diikuti oleh 625 tim dari total 101 perguruan tinggi yang lolos menjadi peserta PIMNAS ke-33.

Tentang PIMNAS

Pada tahun 2001, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi meluncurkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Secara umum, PKM bertujuan untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan; kreatif dan inovatif; serta objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. Dalam PKM, HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan creative thinking ditumbuhkan dan dikembangkan melalui implementasi filosofi Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan dan pengajaran; penelitian dan pengembangan; serta pengabdian kepada masyarakat. Seluruh bidang PKM bermuara di PIMNAS, kecuali PKM-AI karena bentuk PKM-AI adalah artikel ilmiah yang tidak relevan didiskusikan dalam PIMNAS.

PIMNAS adalah tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan PKM yang menjadi wadah  berskala nasional bagi mahasiswa peserta yang berasal dari jalur PKM dan non PKM untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual. Sebagai puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional, PIMNAS diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan Ditjen Belmawa atas kesediaan dan kesepakatan seluruh pimpinan Perguruan Tinggi. Tujuan PIMNAS adalah:

  1. Menjadi media dan sarana komunikasi mahasiswa seluruh Indonesia;
  2. Membuka peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah;
  3. Mempertajam wawasan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  4. Meningkatkan posisi tawar mahasiswa di dunia kerja atau masyarakat;
  5. Memberi umpan balik terhadap proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi;
  6. Meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya pada suatu forum ilmiah; dan
  7. Mempererat kerjasama akademik dan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI.

Sumber : www.untan.ac.id